Selamat Datang di Ven's Kitchen

Blog ini pindah per 10 April 2008 ke www.EvennaChang.com
See you there! - Venna
-----------------------
Hi, Saya Evenna Chang, ibu dari seorang anak yang hobi memasak, makan, jalan-jalan dan senang diskusi dengan teman-teman yang juga suka hobi memasak.

Saya beberapa kali ikut dan menang lomba masak, karena saya memang hobi memasak, itung-itung buat nambah pengalaman.
Di Blog ini, saya membagikan koleksi resep pribadi saya. Beberapa menu sangat sederhana (cocok untuk pemula).
Oh ya, satu hal lagi yang perlu diingat, " Masakan itu tergantung selera. Jangan terpaku pada resep, terutama takaran bumbu. Tapi sesuaikan dengan selera masing-masing"

So, Selamat Menikmati Blog Cooking Journal saya...

Jul 18, 2007

Nasi Kuning Banjar

kalau di jakarta ada nasi uduk, di Surabaya ada nasi campur, maka di Banjar ada nasi kuning. Masakan Banjar yang satu ini, merupakan makanan yang biasa di santap sebagai sarapan di pagi hari. Dan hampir disemua depot atau warung, menyediakan nasi kuning ini di pagi hari.
kalau teman-teman berkunjung ke Banjar, jangan lupa untuk mencoba menu yang satu ini.


Bahan:

  • 3 Cup beras
  • 6 cup santan
  • 2 cm kunyit, haluskan
  • 5 lembar daun jeruk
  • 2 sdt garam

Pelengkap:

  • Masak habang
  • Bawang goreng

Cara membuat:

1. Cuci beras sampai bersih, aron dengan santan, garam, kunyit, dan daun jeruk.

2. Kukus sampai matang. Sajikan dengan bahan pelengkapnya.

11 comments:

JieWa Vieri said...

Halo, asal saya dari Balikpapan (skrg di Sby), dulu waktu masih kecil suka makan nasi kuning banjar buat sarapan :)
Nasi Kuning (naskun) Banjar emang enak banget. Beda dengan naskun Jawa. Kalo di Surabaya rata2 lauknya kering. Sedangkan naskun Banjar biasanya ada iwak basahnya semacam bumbu bali, semur atau bistik.
Lagian kalo di Sby, jarang orang makan naskun buat sarapan, biasanya pesen kotakan buat special occasion aja.

Salam kenal.

Jiewa
http://www.inijie.com

Ven's Kitchen said...

Halo Jiewa, Di Sby ada juga kok yg jual nasi kuning Banjar, Biasanya aku beli di jalan Kertajaya Indah. Ada tulisannya Nasi kuning Banjar dan sdh dibungkus. Coba aja... LUmayan kok rasanya.

lenny_ang said...

halo, aku juga asalnya dari balikpapan lho:) tapi sekarang menetap di melbourne. kapan hari itu, aku kangen buanget sama nasi kuning banjar, trus aku coba ikutin resep nasi kuning dari buku, tahu2nya rasanya kurang sip krn pake jinten, kayak nasi kuning india jadinya:)trus iseng2 aku browsing website n ketemu ini, begitu liat gambar nasi kuningnya, wah langsung kebayang enaknya, nyam..nyam..nanti aku coba dhe resepnya. thanks ya n salam kenal juga

Ven's Kitchen said...
This comment has been removed by the author.
Ven's Kitchen said...

Halo Lenny, Thanks ya udah mampir ke blog-ku. Kapan ada rencana pulang ke Balikpapan? Imlek 2008 aku ke Samarinda dan Balikpapan. Kalau kamu juga pulang, mungkin kita bisa ketemuan.
Salam kenal juga ya....

lenny_ang said...

Hi Ven,
aku senang ketemu websitemu, bakal banyak bantu menyembuhin kangenku sama makanan banjar terutama. wah kamu mampir ke balikpapan juga yah? aku juga pulang ke kampung halaman pas imlek karena sdh 2 tahun gak pulang. mungkin kita bisa ketemuan dan berdiskusi soal masakan, maybe be barter recipes:)sementara aku banyak waktu luang, juga suka coba2resep karena nyiapin lunch box buat my hubby, ada yg enak2 juga lho. btw, aku juga mampir ke surabaya 1 minggu sebelum imlek, catch up sama old friends, wah kangen juga sema semua, yah orang2nya ya makanannya juga, hehehe.

vacya said...

salam kenal buat ven, saya buka2 resep soto banjar eh tertarik juga tapi ingin tau dulu apa sih itu KAS KAS, thanx ta tunngu replynya, salam mba ida p

Ven's Kitchen said...

Salam kenal juga....
Kas-kas itu rempah-rempah yang bentiknya seperti butiran pasir. Kadang-kadang ada di hypermarket. Dibagian rempah-rempah.

Banten - Upakara said...

Hi salam kenal,
Blog anda sangat bagus, terus updated ya info segala macam masakan.
Mudah - mudahan kita bisa share pengalaman

salam hangat dari
Bali tour guide
http://www.tourguidebali.blogspot.com

Unknown said...

hmmmmm......ahhahaahha..aku adingnya lina...skrg dibali...akhirnya....aku nemu juga resep masakan banjar (dikasih tau lina)ntar aku mo coba ahh....bosen beli makanan terus....n blm nemu masakan banjar di bali...padahal di bali banyak banjar(RT/kelurahan) xixixixiiiii....

Unknown said...

hmmmmm......ahhahaahha..aku adingnya lina...skrg dibali...akhirnya....aku nemu juga resep masakan banjar (dikasih tau lina)ntar aku mo coba ahh....bosen beli makanan terus....n blm nemu masakan banjar di bali...padahal di bali banyak banjar(RT/kelurahan) xixixixiiiii....