Selamat Datang di Ven's Kitchen

Blog ini pindah per 10 April 2008 ke www.EvennaChang.com
See you there! - Venna
-----------------------
Hi, Saya Evenna Chang, ibu dari seorang anak yang hobi memasak, makan, jalan-jalan dan senang diskusi dengan teman-teman yang juga suka hobi memasak.

Saya beberapa kali ikut dan menang lomba masak, karena saya memang hobi memasak, itung-itung buat nambah pengalaman.
Di Blog ini, saya membagikan koleksi resep pribadi saya. Beberapa menu sangat sederhana (cocok untuk pemula).
Oh ya, satu hal lagi yang perlu diingat, " Masakan itu tergantung selera. Jangan terpaku pada resep, terutama takaran bumbu. Tapi sesuaikan dengan selera masing-masing"

So, Selamat Menikmati Blog Cooking Journal saya...

May 24, 2007

Siomay

Siomay , merupakan makanan wajib saat dim sum. Siapa pun pasti menyukainya. Siomay ku ini memang kurang bagus bentuknya. Tapi sekali makan, pasti mau terus deh... Nggak puas kalau belum habis.
Bagi yang Muslim, Jika pengen membuat siomay ini, daging babi bisa diganti dengan daging ayam.


Bahan:
  • Kulit siomay
  • 500 gram daging babi, cincang
  • 100 gram udang, cincang
  • 200 gram bengkoang, cincang halus
  • ½ sdm gula
  • 1 sdt garam
  • ½ sdt merica
  • 1 sdt kecap ikan
  • 1 ruas jahe , cincang
  • 1 sdt minyak wijen
  • 1 butir telur
  • 3 batang daun bawang, iris tipis
Cara membuat:
  1. Campur semua bahan jadi satu ( kecuali kulit siomay), uleni sampai tercampur rata.
  2. Siapkan kulit siomay, bungkus adonan kedalamnya.
  3. Siapakan dandang, kukus siomay sampai matang. Sajikan hangat.

4 comments:

Lia said...

Hai Evenna Chang,
Saat ini aku punya cafe tenda yang sederhana. Baru 1 bulan. Saat ini menu andalan kita adalah Siomay & Cendol. Tapi waktu buat Siomay menggunakan kulit pangsit, kok ga bisa ya? isinya luber (meluap)dan kulit pangsitnya letoy alias tidak kuat menyangga isi Siomay. Tolong info dong tipsnya supaya hasil Siomay bagus. Dan untuk Cendol, Santan bisa tahan berapa lama? Biasanya aku buat untuk 2 hari tapi setelah di hangatkan, santannya jadi berubah, Sari santan naik keatas dibawahnya jadi ada air. mohon info tips agar hasil santan dan Cendolnya lebih enak. Ditunggu ya... Thanks. Thanks juga atas resepnya. website mu usefull banget

Ven's Kitchen said...

Hai Lia,
Sorry, baru balas sekarang. Untuk kulit siomay bisa saja menggunakan kulit pangsit. tapi kamu cari yang kulit pangsitnya agak tebal, agar kuat menajan isinya. Kalau isi siomay keluar, kemungkinan kamu terlalu banyak menggisi adonan kedalam kulit pangsitnya.
Untuk santan, sebaiknya gunakan hanya untuk 1 hari.
Aku ada tips nih, biasanya aku memeras santan menggunakan air matang, sehingga tidak perlu dididihkan ( secara tampilan untuk campuran es, lebih oke, rasanyapun enak). Santan memang bisa dihangatkan, caranya panaskan santan, dengan terus diaduk, tapi jangan sampai mendidih, Kalau dididihkan, santan akan pecah(sari santan naik keatas). semoga jawabanku bisa membantu.
salam....

Helen Maria said...

Hi, saya mau mencoba resep siomay Anda, tapi apakah perlu tambahakn terigu ato corn starch (maizena)? supaya tidak terlalu lembek?

Kukusnya brapa lama yah?

Terima kasih banyak atas jawabannya

@dolfin@ said...

kulit yg dipake buat sendiri apa beli jadi ya? Kalo beli..beli dimana?
Kalo buat minta resepnya dunk..