Selamat Datang di Ven's Kitchen

Blog ini pindah per 10 April 2008 ke www.EvennaChang.com
See you there! - Venna
-----------------------
Hi, Saya Evenna Chang, ibu dari seorang anak yang hobi memasak, makan, jalan-jalan dan senang diskusi dengan teman-teman yang juga suka hobi memasak.

Saya beberapa kali ikut dan menang lomba masak, karena saya memang hobi memasak, itung-itung buat nambah pengalaman.
Di Blog ini, saya membagikan koleksi resep pribadi saya. Beberapa menu sangat sederhana (cocok untuk pemula).
Oh ya, satu hal lagi yang perlu diingat, " Masakan itu tergantung selera. Jangan terpaku pada resep, terutama takaran bumbu. Tapi sesuaikan dengan selera masing-masing"

So, Selamat Menikmati Blog Cooking Journal saya...

Apr 9, 2007

Rawon

Daging dengan kuahnya yang berwarna hitam, hanya dijumpai di Indonesia. Dengan kelezatan yang khas, nggak diragukan lagi kalau rawon merupakan salah satu makanan favorit sebagian penduduk Indonesia .
Tips untuk membuat rawon yang lezat:
  1. Pilihlah keluak yang baru(kalau lama daging dalamnya keras)
  2. Keluak ada yang pahit, jadi pastikan sebelum dihaluskan, tidak ada yang pahit.
  3. Jangan menghaluskan keluak bersama bumbu-bumbu lain. karena kalau dicampur, akan menimbulkan rasa tidak enak pada rawon.
Selamat mencoba Rawon ala Vens...

Bahan:

  • 500 gram daging lulur luar
  • 15 buah keluak, dihaluskan
  • 1 sdm bubuk bumbu rawon
  • Daun jeruk
  • 1,5 liter air

Bumbu halus:

  • 3 siung bawang putih
  • 8 buah bawang merah
  • 5 buah cabe merah besar
  • 1 batang serai
  • 2 cm lengkuas
  • 2 cm jahe
  • 1 cm kunyit

Cara membuat:

  1. Tumis bumbu halus sampai harum, tambahkan keluak yang sudah dihaluskan dan bubuk rawon, aduk sebentar, masukan daging, masukan daging dan daun jeruk, aduk sebentar, masukan air.
  2. Masak sampai daging empuk ( boleh dipresto).
  3. Sajikan hangat bersama tauge pendek, sambel dan jeruk nipis.

No comments: