Selamat Datang di Ven's Kitchen

Blog ini pindah per 10 April 2008 ke www.EvennaChang.com
See you there! - Venna
-----------------------
Hi, Saya Evenna Chang, ibu dari seorang anak yang hobi memasak, makan, jalan-jalan dan senang diskusi dengan teman-teman yang juga suka hobi memasak.

Saya beberapa kali ikut dan menang lomba masak, karena saya memang hobi memasak, itung-itung buat nambah pengalaman.
Di Blog ini, saya membagikan koleksi resep pribadi saya. Beberapa menu sangat sederhana (cocok untuk pemula).
Oh ya, satu hal lagi yang perlu diingat, " Masakan itu tergantung selera. Jangan terpaku pada resep, terutama takaran bumbu. Tapi sesuaikan dengan selera masing-masing"

So, Selamat Menikmati Blog Cooking Journal saya...

Apr 14, 2007

Tom Yam Goong

Penasaran dengan yang namanya Tom Yam, akhirnya kuberanikan diri untuk membuatnya. Seger banget deh rasanya....


Bahan:

  • 10 ekor udang kupas
  • 200 gram cumi-cumi
  • 200 gram fillet ikan kakap
  • 10 buah jamur kancing, belah dua
  • 1 buah bawang bombay, potong-potong
  • 1 buah tomat, potong-potong
  • 3 sdm air jeruk nipis
  • 1 sdm gula
  • 1sdt garam
  • ½ sdm kecap ikan
  • 3 batang serai
  • Daun jeruk
  • Daun ketumbar
  • 700 ml air kaldu ikan.

Bumbu halus:

  • 1 siung bawang putih
  • 3 buah bawang merah
  • 1 buah cabe besar
  • 2 cm lengkuas
  • 1 cm jahe

Cara membuat:

  1. Tumis bumbu sampai harum, sisihkan.
  2. Rebus air sampai matang, masukan tumisan bumbu, serai, daun jeruk, dan semua bahan (kecuali air jeruk nipis). Setelah mendidih, masukan gula, garam dan air jeruk nipis, masak sebentar, matikan api. Sajikan.

No comments: