Selamat Datang di Ven's Kitchen

Blog ini pindah per 10 April 2008 ke www.EvennaChang.com
See you there! - Venna
-----------------------
Hi, Saya Evenna Chang, ibu dari seorang anak yang hobi memasak, makan, jalan-jalan dan senang diskusi dengan teman-teman yang juga suka hobi memasak.

Saya beberapa kali ikut dan menang lomba masak, karena saya memang hobi memasak, itung-itung buat nambah pengalaman.
Di Blog ini, saya membagikan koleksi resep pribadi saya. Beberapa menu sangat sederhana (cocok untuk pemula).
Oh ya, satu hal lagi yang perlu diingat, " Masakan itu tergantung selera. Jangan terpaku pada resep, terutama takaran bumbu. Tapi sesuaikan dengan selera masing-masing"

So, Selamat Menikmati Blog Cooking Journal saya...

Mar 6, 2007

Sop Mutiara

Sop mutiara ini hanya dijumpai di Banjarmasin. Dan meskipun merupakan makanan khas Banjar, cukup sulit untuk menemukannya di restaurant/rumah makan.
Mengapa? Karena makanan ini hanya populer di kalangan Chinese dan hampir setiap keluarga bisa membuatnya. Biasanya selalu disajikan pada pesta kecil di rumah.


Bahan :

  • 7 buah Sosis ayam, potong-potong
  • 3 buah wortel, potong dadu,rebus sampai empuk
  • 1 kaleng kacang polong
  • 200 gram macaroni
  • 1 sdm Garam
  • 2 sdm Gula
  • ½ sdt merica
  • ½ sdt pala
  • 1 kaleng susu cornation
  • 1,5 liter kaldu ayam
  • Daun seledri

Bumbu halus:
  • 2 butir Bawang merah
  • 1 cm jahe

Bahan Mutiara:

  • 300 gram Ayam cincang
  • 1 buah kentang, goreng haluskan
  • ½ sdm garam
  • 2 sdm gula
  • 1 sdt pala
  • ½ sdt merica
  • 50 gram susu bubuk
  • 2 sdm margarin
  • 1 butir kuning telur

Cara membuat:

  1. Mutiara : Campur semua bahan jadi satu, kemudian dibentuk bulat-bulat seperti kelereng.
  2. Didihkan air kaldu, bersama dengan bumbu halus, batang daun seledri yang telah dimemarkan, garam, gula, merica dan pala. Masukan mutiara, setelah mutiara terapung, angkat, sisihkan.
  3. Masukan wortel pada kaldu ayam, setelah mendidih, tambahkan kacang polong, macaroni dan sosis. Setelah mendidih masukan daun seledri, mutiara, dan terakhir, jika semua bahan sudah dimasukan dan sudah mendidih, masukan susu cornation. Aduk sebentar, mendidih, angkat. Sajikan hangat.

4 comments:

maR said...

cc..
huwaa...
liat sop mutiara jadi laper,,

aku org banjar n skrg jg d sby lo c,,

hmm,,malem2 keinget sup mutiara buatan mamah,,iseng2 cari di google,,dapetnya blog cc,,

hmm,,kyknya enak bgt,,haha,,...

sukses masaknya cc..=)

Ven's Kitchen said...

Halo Mar, wah, kebetulan kemarin saya masak sop mutiara lho, Jadi bikin ngiler ya?
Coba aja resepnya.

Unknown said...

Ci, besok adalah hari terakhir saya di kantor (saya resign), untuk farewell party saya minta ii suami saya (adik mama mertua yang asli banjarmasin) untuk buat sop mutiara ala banjarmasin, tapi bingung lauknya apa lagi yg cocok. Bisa kasi info?
Thanks ya..

Love,
Septy

rienz said...

maaf, mau nanya, kalo susu cornationnya diganti susu yang lain apa bisa kah????